PENDAFTARAN UNDIP


Kamu yang saat ini berstatus lulus dari SMA kemudian punya rencana melangkah ke jenjang perkuliahan dijamin sibuk melakukan pendaftaran. Kemana kamu akan mencoba kuliah? Khusus untuk kamu yang memilih Undip atau Universitas Diponegoro yang ada di Semarang, Jawa Tengah. Maka sudah bisa melakukan pendaftaran, dimana jalur Mandiri S1 sendiri sudah dimulai dari 21 April 2020 dan berakhir pada 20 Juli 2020 kemarin. 

Persyaratan Pendaftaran Mahasiswa di Undip 

Undip sendiri membuka pendaftaran dalam beberapa jalur, tidak hanya lewat SBMPTN saja namun juga ada jalur Mandiri. Masing-masing jalur pendaftaran memiliki beberapa persyaratan khusus, yang tentu sesuai dengan kriteria dari jalur itu sendiri. Misalnya saja jika memiliki prestasi akademik maka bisa mengikuti SNMPTN 2020. Namun jika tidak mendukung untuk mengikuti jalur tersebut masih bisa ikut jalur Mandiri. Adapun persyaratan umumnya adalah: 

  • Lulusan SMA/SMK/MA maupun lulus dari ujian kesetaraan seperti Kejar Paket C di tahun 2018,  2019, dan 2020. 
  • Sudah memenuhi persyaratan dari prodi yang dipilih. 
  • Usia maksimal 22 tahun. 

Tahap Pendaftaran Online 

Setelah dirasa memenuhi persyaratan umum tersebut maka bisa mengunjungi situs resmi dari Universitas Diponegoro untuk mendaftar secara online. Adapun tahapan pendaftaran ini adalah: 

  1. Masuk ke situs resmi kemudian membuat akun dan pendaftaran akun dengan memasukan alamat email. 
  2. Mengisi data diri di form yang ditampilkan oleh halaman website, pastikan diisi lengkap sesuai ketentuan yang dicantumkan. 
  3. Memilih jalur pendaftaran yang sudah disediakan. 
  4. Melakukan pembayaran untuk biaya pendaftaran melalui beberapa bank yang sudah ditunjuk oleh Undip. Yakni Bank BTN, BRI, BNI, dan juga Bank Mandiri. 
  5. Masuk kembali ke website dengan login memakai alamat email yang didaftarkan di awal untuk melakukan konfirmasi pembayaran dan mengisi data selanjutnya. 
  6. Mencetak kartu pendaftaran. 
  7. Mengikuti tes seleksi yang jadwal dan lokasi sudah diinformasikan saat mencetak kartu pendaftaran. 
  8. Melihat pengumuman di website Undip secara online. 

Jika dinyatakan lolos tes seleksi maka bisa segera melakukan registrasi ulang, nantinya tinggal mengikuti arahan di websitenya. Tahun ini Undip membuka proses tes secara online sebagai upaya mendukung pemerintah memerangi penyebaran Covid-19.